Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga
Judul materi : Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

lihat juga


Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

Jika di dalam postingan sebelumnya Rumus Matematika Dasar sudah memberikan pembahasan tentang Cara Mudah Menghitung Perbandingan Berbalik Nilai maka di dalam postingan kali ini kita juga akan belajar mengenai materi perbandingan yaitu perbandingan senilai. Di sini akan dijelaskan mengenai tips-tips dan Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai. Silahkan kalian baca dengan cermat serta perhatikan dengan seksama langkah-langkah untuk mengerjakan soal perbandingan dengan baik. Berikut adalah langkah-langkah yang harus kalian perhatikan:

1. Pertama-tama kalian harus mencari bilangan pengali yang didapatkan dari angka real yang telah diketahui kemudian dibagi dengan angka perbandingan (bilangan pengali = angka real : angka perbandingan)  

2. Buatlah tabel yang terdiri atas 4 kolom, meliputi: yang dicari, angka perbandingan, bilangan pengali, serta angka real. 

3. Masukkan angka perbandinganyang akan kalian cari angka realnya pada kolom angka perbandingan,

4. Kalikan bilangan pengalidengan angka perbandingan agar bisa didapatkan angka real (angka real = angka perbandingan x bilangan pengali)

Jika kalian masih bingung dengan langkah-langkah di atas, mari coba kita praktekkan langsung untuk mengerjakan beberapa contoh soal di bawah ini:

Cara Mudah Mengerjakan Soal Perbandingan Senilai


Contoh Soal 1:

Perbandingan umur Arya dengan umur Ibu adalah 3 : 9. Apabila umur Ibu adalah 45 tahun, maka:

a. Berapakah umur Arya?
b. Berapa jumlah umur keduanya?
c. Berapakah selisih umur mereka?

Penyelesaiannya:
di dalam soal ini, umur ibu merupakan angka real, yaitu 45 tahun. Sedangkan angka pembandingnya adalah 9. Maka, bilangan pengalinya adalah angka real : angka pembanding = 45 : 9 = 5. 

Lalu kita masukkan ke dalam tabel:
Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga
Jadi:
a. Umur Arya = 15 tahun
b. Jumlah umur keduanya = 60 tahun
c. Selisih umur mereka = 30 tahun

Contoh Soal 2:

Pak Wayan menjual buah Jambu, Manggis, dan Mangga dengan perbandingan 4 : 6 : 12. Apabila selisih buah Mangga dan Manggis adalah 36 buah, maka hitunglah:

a. jumlah buah jambu
b. jumlah buah manggis
c. jumlah buah mangga
d. jumklah seluruh buah yang dijual
e. selisih buah manggis dengan jambu
f. selisih buah mangga dengan jambu

Penyelesaiannya:
Bilangan pengali = angka real : angka perbandingan
Bilangan pengali = 36 : (perbandingan manga dan manggis) = 36 : (12 – 6) = 32 : 6 = 6

Mari kita buat tabelnya:
Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga
Jadi:
Jumlah buah jambu = 24
Jumlah buah manggis = 36
Jumlah buah manga = 72
Jumlah seluruh buah yang dijual = 132
Selisih buah manggis dengan jambu = 12
Selisih buah mangga dengan jambu = 48

Itulah beberapa tips dan langkah-langkah sebagai Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai. Semoga pembahasan di atas dapat mempermudah kalian dalam mengerjakan soal-soal mengenai perbandingan senilai atau seharga.


Demikianlah Artikel Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2016/05/cara-mudah-menghitung-perbandingan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mudah Menghitung Perbandingan Senilai atau Seharga"