Operasi Pembagian Bilangan Bulat

Operasi Pembagian Bilangan Bulat - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Operasi Pembagian Bilangan Bulat , saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Operasi Pembagian Bilangan Bulat
Judul materi : Operasi Pembagian Bilangan Bulat

lihat juga


Operasi Pembagian Bilangan Bulat



Operasi Pembagian Bilangan Bulat - Sebelum mempelajari operasi pembagian pada bilangan bulat, sebaiknya kalian memahami terlebih dahulu operasi perkaliannya. Mengapa demikian? Tentu saja itu dikarenakan operasi pembagian merupakan kebalikan dari operasi perkalian. Untuk mengingatkan kembali mengenai operasi perkalian di dalam bilangan bulat, coba perhatikan uraian di bawah ini:

(1) 3 x 4 = 4 x 4 x 4 = 12

Sehingga kita dapat menuliskan 12 : 3 = 4

Atau

3 x 4 = 12 <=> 12 : 3 = 4


(2) 4 x 3 = 3 x 3 x 3 x 3 = 12

Sehingga kita dapat menuliskan 12 : 4 = 3

Atau

4 x 3 = 12 <=> 12 : 4 = 3


Dari kedua uraian di atas tentu kalian bisa melihat bahwasanya operasi pembagian adalah kebalikan dari operasi perkalian. Sehingga rumus-nya dapat dijabarkan menjadi :

"apabila K, L, dan M adalah bilangan bulat dengan L adalah faktor K dan L tidak sama dengan 0 maka berlakulah K : L = M <=> K = L x M"

Seperti yang sudah dijabarkan di atas sebelumnya, jika kalian ingin memahami operasi pembagian ada bilangan bulat, kalian semestinya mempelajari terlebih dahulu operasi perkaliannya. Sekarang izinkanlah Rumus Matematika Dasar untuk menjelaskan materi mengenai operasi pembagian pada bilangan bulat dan sebaiknya kalian membaca dan mengamatinya dengan saksama.


Pembagian Bilangan Bulat Positif/Negatif

Agar lebih mudah memahaminya, langsung saja simak contoh-contoh yang ada di bawah ini:

-3 x (-5) = 15, maka:

15 : (-5) = -3
15 : (-3) = -5


-7 x (-4) = 28, maka:
28 : (-7) = -4
28 : (-4) = -7


-12 x (-5) = 60, maka:

60 : (-12) = -5
60 : (-5) = -12


Dari contoh-contoh tersebut, kita bisa menyimpulkan bahwa apabila bilangan bulat positif dibagi dengan bilangan bulat negatif maka hasilnya akan berbentuk negatif, sehingga berlakulah a : (-b) = -(a:b)



Pembagian Dua bilangan Bulat Negatif

Langsung perhatikan contoh berikut ini:

4 x (-5) = -20, maka:

-20 : (-5) = 4
-20 : 4 = -5


-3 x 8 = -24, maka:

-24 : (-3) = 8
-24 : 8 = -3

9 x (-2) = -18, maka:

-18 : (-2) = 9
-18 : 9 = -2


Dari uraian contoh di atas dapat kita simpulkan bahwa apabila bilangan bulat negatif dibagi dengan bilangan bulat negatif akan menghasilkan bilangan bulat positif, sehingga (-a) : (-b) = (a:b)


Pembagian Nol dengan Bilangan Bulat

Kita ingat kembali sifat perkalian bilangan bulat dengan nol (0). Di dalam tiap-tiap bilangan bulat, berlaku sifat: a x 0 = 0 maka 0 : a = 0

Namun, sifat tersebut tidak akan berlaku apabila a = 0 karena apabila 0 dibagi dengan 0 maka hasilnya tidak akan terdefinisi. Kesimpulannya adalah jika bilangan nol (0) dibagi dengan bilangan bulat (bukan nol) maka hasilnya akan selalu nol (0).


Rasanya cukup sekian pembahasan yang dapat kami berikan untuk materi tentang operasi pembagian pada bilangan bulat. Sampai berjumpa kembali pada materi pelajaran matematika yang lain, terima kasih telah membaca postingan ini sampai akhir. Mohon maaf apabila ada kesalahan di dalam perhitungan di atas, apabila ada kesalahan mohon berikan komentar pada kolom yang ada di bawah. Semangat Belajar!!!


Demikianlah Artikel Operasi Pembagian Bilangan Bulat

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Operasi Pembagian Bilangan Bulat , mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Operasi Pembagian Bilangan Bulat dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/05/operasi-pembagian-bilangan-bulat.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Operasi Pembagian Bilangan Bulat "