Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD
Judul materi : Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

lihat juga


Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

Pencerminan Bangun Datar Apakah kalian pernah bercermin? Tentu saja kalian pernah bercermin. Nah, ketika kalian bercermin, pasti kalian dapat melihat bayangan wajah atau tubuh kalian pada cermin tersebut. Namun, apabila kalian perhatikan, bayangan yan ada dicermin posisinya terbalik. Tangan kanan kalian akan tampak menjadi tangan kiri di cermin, begitupun sebaliknya tangan kiri kalian akan tampak seperti tangan kanan pada cermin tersebut. Mengapa demikian? Materi Rumus Matematika Dasar kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

Materi kali ini berkaitan dengan pencerminan pada bangun datar. Pencerminan atau biasa disebut refleksi pada bangun datar merupakan sebuah transformasi atau perpindahan suatu titik pada bangun datar dengan menggunakan sifat benda dan bayangannya pada sebuah cermin datar. Oleh karenanya, kalian harus paham terlebih dahulu mengenai sifat-sifat pencerminan pada bangun datar yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Sifat-Sifat Pencerminan Pada Bangun Datar


Dari gambar yang ada di atas, kita dapat menyimpulkan sifat pencerminan sebagai berikut:
  • Objek dan bayangan akan selalu sama
  • Jarak setiap titik yang ada pada objek terhadap cermin, sama persis dengan jarak setiap titik yang ada pada bayangan terhadap cermin. (s=s')
  • Tinggi bayangan akan sama dengan tinggi bayangannya (h=h')
  • Garis yang menghubungkan tiap titik pada objek dengan titik yang ada pada bayangan akan selalu tegak lurus terhadap cermin.
Sekarang coba perhatikan contoh pencerminan bangun datar berikut ini:

Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

Dari gambar tersebut kita dapat melihat sifat-sifat pencerminan sebagai berikut:
  • Luas segitiga PQR = Luas Segitiga P'Q'R' karena Segitiga PQR kongruen dengan Segitiga P',Q',R'
  • RA = R'A, PB = P'B, dan QC = Q'C artinya, jarak titik pada setiap sudut segitiga PQR terhadap cermin sama persis dengan jaraik titik pada setiap sudut segitiga P'Q'R' terhadap cermin.
  • Tinggi segitiga PQR sama dengan tinggi bayangannya (segitiga P'Q'R')
  • Ruas garis PP', QQ', dan RR' tegak lurus terhadap garis cermin AC


Melukis Bayangan Hasil Pencerminan Suatu Bangun Datar

Sebuah bangun dengan empat sisi ABCD dicerminkan terhadap cermin c. Perhatikan gambar dibawah ini serta langkah-langkah untuk melukis bayangannya.

Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

  • Tahap pencerminan:
  • Buatlah garis dari titik C, memotong garis c tegak lurus di P.
  • Ukur CP = PC'
  • Buat garis dari titik B memotong garis c tegak lurus di Q.
  • Ukur BQ = QB'
  • Buat garis titik A memotong c tegak lurus di R
  • Ukur AR = RA'
  • Buat garis dari titik D memotong garis c tegak lurus di S
  • Ukur DS = SD'

Hubungkan masing-masing titik A', B', C', dan D'. Maka akan terbentuk segi empat A'B'C'D'. Selanjutnya, dapat kita katakan bahwa segi empat ABCD simetris dengan segiempat A'B'C'D' untuk membuktikanya silahkan kalian ukur kedua segiempat di atas dengan menggunakan penggaris. Apakah ukuran tiap sisi pada segiempat ABCD sama dengan tiap sisi pada segiempat A'B'C'D'?


Cukup sekian materi mengenai Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD yang dapat disampaikan oleh Rumus Matematika Dasar. Untuk artikel selanjutnya, mungkin akan dibahas contoh-contoh soal mengenai pencerminan bangun datar. So, simak terus artikel terbaru mengenai pelajaran matematika yang ada di blog ini. Sampai jumpa pada materi selanjutnya!!



Demikianlah Artikel Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/materi-refleksi-atau-pencerminan-pada.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Materi Refleksi atau Pencerminan pada Bangun Datar Kelas 5 SD"