Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima

Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima
Judul materi : Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima

lihat juga


Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima

Cara Menghitung FPB - Sebelumnya Rumus Matematika Dasar Telah memaparkan Cara Menghitung Rumus FPB dan KPK dengan Menggunakan Pohon Faktor. Selain dengan menggunakan pohon faktor, FPB ataupun KPK dari sebuah bilangan dapat kita cari dengan menggunakan faktorisasi prima. Faktorisasi prima adalah perkalian dari faktor-faktor prima yang dimiliki oleh sebuah bilangan. Pada postingan ini kita akan belajar bagaimana mencari FPB dengan faktorisasi prima, materi mengenai cara mencari KPK akan dibahas pada artikel selanjutnya. Yuk kita simak bersama materi di bawah ini:

Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima


Agar kalian lebih mudah dalam memahami konsep faktorisasi prima, maka sebaiknya kita belajar langsung dari contoh soal seperti di bawah ini:

Contoh Soal Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima



Contoh Soal 1

Coba kalian tentukan FPB dari 36, 54, dan 72

Cara Menjawab
Pertama-tama kalian harus melakukan faktorisasi prima terhadap ketiga bilangan yang ada:

36 = 22 × 32
54 = 2 × 33
72 = 23 × 32

Kita dapat menentukan FPB dari 36, 54, dan 72 dengan cara mengambil bilangan hasil faktorisasi yang nilainya sama kemudian mengalikannya dengan pangkat terendah. Jadi dari soal di atas bilangan pokok yang sama adalah 2 kemudian bilangan berpangkat terendahnya adalah 32 maka FPB dari ketiga bilangan tersebut adalah 2 × 32 = 18


Contoh Soal 2
Tentukan FPB dari 4, 8, dan 12 dengan faktorisasi prima

Cara Menjawab:

Faktorisasi prima dari 4 = 22
Faktorisasi prima dari 8 = 23 = 22 x2
Faktorisasi prima dari 12= 22 x 3

Langsung saja kita ambil bilangan berpangkat terendah yang ada pada hasil faktorisasi prima di atas yaitu 22 . Maka dapat disimpulkan bahwa FPB dari 4, 8, dan 12 adalah 22= 4

Selain dengan faktorisasi prima, kita dapat mengetahui FPB dengan menggunakan pohon faktor. Pembahasan mengenai pohon faktor bisa kalian simak pada artikel Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor. Sekian penjelasan yang dapat diberikan mengenai Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima. Sampai jumpa lagi di materi selanjutnya.


Demikianlah Artikel Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/cara-menghitung-fpb-dengan-faktorisasi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghitung FPB dengan Faktorisasi Prima"