Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran
Judul materi : Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran

lihat juga


Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Rumus Luas Tembereng - Tembereng merupakan salah satu unsur yang ada di dalam lingkaran. Sebelum mempelajari cara menghitung luas tembereng sebaiknya kalian mempelajari dulu Penjelasan Unsur-unsur Lingkaran. Tembereng adalah luas daerah yang ada di dalam lingkaran dan dibatasi oleh tali busur dan busur seperti bisa anda lihat di bawah ini:

Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Pada gambar tersebut, yang disebut sebagai tembereng adalah bagian yang berwarna abu-abu. Daerah tersebut dibatasi oleh garis lengkung AB (Busur) dan garis lurus AB (tali busur). Lalu, bagaimanakah cara menghitung rumus luas tembereng tersebut? Ini dia penjelasan dari Rumus Matematika Dasar:


Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng pada Bangun Ruang Lingkaran


Coba kalian amati lai gambar lingkaran di atas, luas daerah yang berwarna abu-abu dapat diketahui dari luas keseluruhan daerah AOB (juring) dikurangi luas dari segitiga AOB.

Sehingga rumus luas tembereng dapat dijabarkan menjadi:

Luas Tembereng Lingkaran = Luas Juring - Luas Segitiga

Untuk memahami rumus tersebut, akan lebih mudah jika kita langsung praktek dengan mengerjakan beberapa contoh soal berikut ini:


Contoh Soal
Amati gambar lingkaran di bawah ini:

Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran


Apabila jarak O ke B adalah 21 cm, maka berapakah luas tembereng AB?

Cara Menjawab:
Pertama-tama kita harus mencari tahu luas juring AOB terlebih dahulu. Sebelum itu, kita harus cari luas keseluruhan lingkarannya dengan menggunakan rumus luas lingkaran:

Luas Lingkaran = πr2
Luas Lingkaran = 22/7 x 212
Luas Lingkaran = 1386 cm2

Sekarang kita bisa mencari luas juring lingkaran. Sudut dari sebuah lingkaran besarnya 3600. Sedangkan besar sudut juring adalah 900karena merupakan sudut siku-siku. Kita bisa mengetahui luas juring dengan menggunakan perbandingan berikut:

Luas Juring/1386 = 90/360
Luas Juring / 1386 = 1/4
Luas Juring = 1/4 x 1386
Luas juring = 346,5 cm2

Sekarang kita harus mencari luas dari segitiga AOB dengan rumus luas segitiga berikut:

Luas Segitiga = 1/2 x alas x tinggi
Luas Segitiga = 1/2 x 21 x 21
Luas Segitiga = 220,5 cm2

Nah, setelah mengetahui luas juring dan luas segitiga barulah kita bisa mencari luas dari tembereng:

Luas Tembereng = Luas Juring - Luas Segitiga
Luas Tembereng = 346,5 cm2 - 220,5 cm2
Luas Tembereng = 126 cm2


Itulah cara menghitung rumus luas tembereng pada lingkaran. yang terpenting untuk menguasai rumus di atas adalah dengan terus berlatih mengerjakan soal dengan tema yang sama. Semoga bermanfaat.





Demikianlah Artikel Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/cara-menghitung-rumus-luas-tembereng.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran"