Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan

Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan
Judul materi : Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan

lihat juga


Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan

Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan - Pada kesempatan yang lalu kita diperkenankan mempelajari bab 1 tentang bilangan bulat,baik itu pengertian dan operasi hitungnya, sekarang masih dari bab yang sama, kita akan mengenal seluk beluk bilangan pecahan dan macam-macamnya. Materi ini agak sedikit lebih rubit ketimbang bilangan bulat, jadi harus teliti ya sobat.

Berbeda dengan bilangan bulat, pecahan biasa dilambangkan dengan _ (per) atau bagi. Bilangan pecahan terdiri dari dua, bagian atas disebut pembilang dan yang bawah disebut penyebut. Pengertian sudah saya jelaskan, sekarang masuk materi macam-macam bilangan pecahan.

MACAM-MACAM BILANGAN PECAHAN

a. Pecahan Biasa
Adalah pecahan yang pembilangnya lebih kecil daripada penyebutnya. Contoh : 

b. Pecahan Campuran
Adalah pecahan yang pembilangnya lebih besar daripada penyebutnya. Contoh : ⁷⁄₅ = 1 

c. Pecahan Desimal
Adalah pecahan yang dalam penulisannya menggunakan tanda koma. Contoh : 0,6 ; 9,7

Bentuk desimal dapat diubah ke pecahan biasa atau campuran dengan menggeser tanda koma ke arah kanan dengan memperhatikan persepuluhan, perseratusan, perseribuan dst.

Contoh :
Bentuk pecahan dari 0,5 adalah tanda koma digeser kekanan 1 kali sehingga 0,5 menjadi 5, pergeseran sebanyak 1 kali, maka nilai hasil pergeseran dikalikan dengan persepuluhan menjadi



d. Pecahan Persen
Adalah pecahan yang menggunakan lambang % yang berarti perseratus. Jika a% maka sama dengan a/100.

- Mengubah bentuk persen kepecahan biasa




- Mengubah bentuk persen menjadi pecahan desimal




- Mengubah bentuk pecahan menjadi bentuk persen










e. Pecahan Permil
Adalah pecahan yang menggunakan lambang  yang berarti perseribu.

Contoh :
30 = 30/1000 = 3/100 = 3%

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya jelaskan tentang Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/pengertian-dan-macam-bilangan-pecahan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian dan Macam Bilangan Pecahan"