Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP

Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP
Judul materi : Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP

lihat juga


Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP

Contoh Soal Himpunan MatematikaSetelah kalian mempelajari materi tentang himpunan matematika, ada baiknya kalian juga memperhatikan contoh soal dan pembahasan mengenai himpunan yang akan diberikan oleh rumus matematika dasar pada artikel ini. Mempelajari contoh-contoh soal akan mempermuda kalian dalam memahami materi serta cara menjawab soal-soal yang berkaitan dengan sebuah materi pelajaran matematika.

Untuk bisa menjawab soal-soal latihan mengenai himpunan, kalian sebelumnya harus mengerti terlebih dahulu mengenai diagram venn serta konsep dasar dari himpunan matematika. Jika kalian sudah merasa menguasainya, silahkan kalian simak pembahasan soal berikut ini:

Contoh Soal dan Pembahasan Himpunan Matematika Kelas 7 SMP Lengkap


Contoh Soal 1:

Dari 42 kambing yang ada di kandang milik pak Arman, 30 kambing menyukai rumput gajah, dan 28 ekor kambing menyukai rumput teki. apabila ada 4 ekor kambing yang tidak menyukai kedua rumput tersebut, berapa ekor kambing yang menyukai rumput gajah dan rumput teki?

Pembahasan:

untuk mencarinya, kita gunakan rumus himpunan berikut:

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (30 + 28) - (42 - 4)
n{AΛB} = 58 - 38
n{AΛB} = 20

Jadi, jumlah kambing yang menyukai kedua jenis rumput tersebut adalah 20 ekor.


Contoh Soal 2:

Siswa kelas 7 SMP Tunas Mekar adalah 45. tiap-tiap siswa memilih dua jenis pelajaran yang mereka sukai. diketahui ada 27 siswa yang menyukai pelajaran Matematika dan 26 siswa menyukai pelajaran Bahasa Inggris. Sementara siswa yang tidak menyukai kedua pelajaran tersebut ada 5 orang. Tentukanlah banyaknya siswa yang menyukai pelajaran bahasa inggris dan matematika serta gambarlah diagram venn-nya.

Pembahasan:

Kita cari terlebih dahulu jumlah siswa yang menyukai kedua pelajaran tersebut:

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (27 + 26) – (45 – 5)
n{AΛB} = 13

Maka dapat disimpulkan bahwa:
Siswa yang menyukai matematika saja = 27 - 13 = 14 siswa
Siswa yang menyukai bahasa inggris saja = 26 - 13 = 13 siswa

Maka gambar diagram venn-nya adalah:

Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP


Contoh Soal 3:


Di dalam sebuah ruangan terdapat 150 siswa yang baru lulus SMP. Diketahui ada 75 siswa memilih untuk masuk SMA dan 63 siswa memilih untuk masuk SMK sementara ada 32 siswa yang belum menentukan pilihannya. Lalu, berapakah banyaknya siswa yang hanya memilih untuk masuk SMA dan SMK saja?

Pembahasan:

Siswa yang memilih masuk SMA dan SMK adalah:

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
n{AΛB} = (75 + 63) – (150 – 32)
n{AΛB} = 138 – 118
n{AΛB} = 20 siswa

Siswa yang memilih masuk SMA saja = 75 – 20 = 55 orang
Siswa yang mmeilih masuk SMK saja = 63 – 20 = 43 orang


Contoh Soal 4:

Dari 40 orang bayi, diketahui bahwa ada 18 bayi yang gemar memakan pisang, 25 bayi gemar makan bubur, dan 9 bayi menyukai keduanya. Lalu ada berapa bayi yang tidak menyukai pisang dan bubur?

Pembahasan:

n{AΛB} = (n{A} + n{B}) - (n{S} - n{X})
9 = (18 + 25) - (40 - n{X})
9 = 43 - 40 + n{X}
9 = 3 + n{X}
9 - 3 = n{X} 
n{X} = 6


Contoh Soal 5:

Dari sekelompok atlet diketahui bahwa 17 orang menyukai sepak bola, 13 menyukai renang, dan 12 orang menyukai keduanya. coba kalian gambarkan diagram venn dan tentukan pula jumlah keseluruhan dari atlet tersebut.

Pembahasan:

Jumlah keseluruhan dari atlet tersebt adalah:
Atlet ang menyukai sepakbola saja : 17-12 = 5 orang
Atlet yang menyukai renang saja = 13 – 12 = 1 orang

Diagram venn-nya adalah:

Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP


Jadi, jumlah keseluruhan atlet tersebut adalah 18 orang


Demikian adalah beberapa Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya khusus untuk kalian yang masih duduk di Kelas 7 SMP. Smoga dapat membantu kalian untuk lebih memahami tentang materi himpunan yang diajarkan oleh guru kalian. Semangat Belajar!!


Demikianlah Artikel Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/contoh-soal-himpunan-matematika-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Soal Himpunan Matematika dan Pembahasannya Kelas 7 SMP"