Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat
Judul materi : Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

lihat juga


Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

Sifat-sifat Bilangan Berpangkat - Pada materi ini kalian akan belajar mengenai pengertian bilangan berpangkat kemudian akan diberikan rumus-rumus yang berkaitan dengan bilangan berpangkat. Materi mengenai perpangkatan biasanya diajarkan pada pelajaran matematika untuk kelas X SMA. Dengan mempelajari materi mengenai bilangan berpangkat ini diharapkan bahwa kalian bisa memahami operasi hitung yang berlaku pada bilangan berpangkat berdasarkan kepada sifat-sifat dari bilangan tersebut. pada artikel ini kalian juga akan diajarkan untuk menjawab beberapa contoh soal dengan menggunakan rumus ataupun aturan-aturan yang berlaku untuk bilangan berpangkat. Untuk lebih jelasnya, mari langsung saja kita amati dan perhatikan uraian materi yang telah dirangkum oleh tim Rumus Matematika Dasar sebagai berikut:

Pembahasan Lengkap Bilangan Berpangkat Matematika Contoh Soal dan Pembahasan


Pengertian Bilangan Berpangkat

Apabila sebuah bilangan real dilambangkan dengan huruf a kemudian bilangan bulat dilambangkan dengan huruf n, maka bilangan berpangkat dapat kita tuliskan menjadi a(a pangkat n) yang mana merupakan perkalian bilangan a secara berulang sebanyak n faktor. Bilangan berpangkat dapat dinyatakan dengan rumus di bawah ini:



Jenis-Jenis Bilangan Berpangkat

Ada beberapa jenis bilangan berpangkat yang dibedakan berdasarkan nilai atau jenis bilangan yang menempati posisi pangkat.

Bilangan Berpangkat Bulat Positif
ini merupakan hasil dari penyederhanaan sebuah perkalian bilangan yang memiliki faktor yang sama. Contohnya:

4 x 4 x 4 x 4 x 4 = 45
maka 45 dapat diartikan sebagai perkalian 4 dengan 4 yang diulang sebanyak 5 kali. Oleh karenanya, bilangan berpangkat secara umum dirumuskan sebagai berikut:

an = a × a × a ×……..× a ( sebanyak n faktor)
a = bilangan pokok (dasar)
n = pangkat (eksponen)

Contohnya:
a7 = a x a x a x a x a x a x a
57 = 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 x 5 = 78125


Bilangan Berpangkat Bulat Negatif
Bilangan berpangkat bulat negatif terjadi apabila di dalam operasi hitung pembagian bilangan berpangkat nilai atau angka pangkat pembagi lebih besar  dari pada nilai pangkat yang dibagi.

Contoh:
Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat











Bilangan berpangkat nol
Amatilah bilangan berpangkat nol di bawah ini!












Sifat Sifat Bilangan Berpangkat

Di dalam operasi hitung bilangan berpangkat, ada beberapa sifat yang biasa dijadikan aturan dasar dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang menggunakan bilangan berpangkat. Berikut adalah sifat-sifat dari bilangan berpangkat:

Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

Contoh Soal dan Pembahasan Bilangan Berpangkat

Berikut ini adalah beberapa contoh soal tentang bilangan berpangkat yang dapat kalian pelajari untuk memperdalam pengetahuan mengenai materi yang sudah dipaparkan di atas:

Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

Demikian rangkuman materi seputar Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat saya harap kalian dapat memahami apa yang sudah dijelaskan dan bisa mengerti tentang bagaimana cara menyelesaikan soal-soal mengenai bilangan berpangkat.




Demikianlah Artikel Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/pengertian-operasi-rumus-dan-sifat.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat"