Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor

Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor
Judul materi : Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor

lihat juga


Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor

Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor - Sebenarnya dalam salah satu artikel di blog ini sudah pernah dibahas materi cara mencari KPK dan FPBnamun kali ini rumus matematika dasar akan memberikan penjelasan yang lebih detail tentang salah satu cara menentukan FPB dan KPK yaitu dengan menggunakan pohon faktor. Pohon faktor merupakan cara mencari KPK dan FPB dengan mengurutkan perkalian ke bawah menggunakan bilangan-bilangan prima. Berikut adalah contoh gambar pohon faktor:

Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor


Di dalam postingan ini kalian akan diajarkan mengenai langkah-langkah untuk menggunakan pohon faktor tersebut sehingga bisa mempermudah kalian dalam menentukan KPK dan FPB dengan lebih cepat.


Langkah-Langkah Menentukan FPB dan KPK dengan Pohon Faktor


Dari gambar di atas, dapat dijelaskan langkah penggunaan pohon faktor sebagai berikut:

Pertama
Tuliskan bilangan yang akan kalian cari faktor primanya, misalkan bilangan tersebut adalah 105.

Kedua
Sekarang bagilah bilangan tersebut (105) dengan bilangan prima yang paling kecil yang dapat membagi bilangan itu. Pada gambar diatas bilangan prima yang digunakan adalah 3. Tuliskan bilangan prima itu di sebelah kiri kemudian hasil pembagiannya dituliskan disebelah kanan (105 : 3 = 35).

Ketiga
Bagikan lagi angka 35 dengan bilangan prima terkecil yang bisa membaginya (35 : 5 = 7) tuliskan angka hasil pembagian di sebelah kanan.

Keempat
Di dapatkan hasil faktorisasi prima dari bilangan 105 yaitu 2 x 5 x 7. Bagaimana? Tidak sulit bukan?


Mari sekarang kita coba untuk menerapkan langkah-langkah pohon faktor di atas untuk menyelesaikan soal yang memerintahkan kita untuk mencari FPB dan KPK dari dua buah bilangan bulat ataupun lebih. Misalkan kita ingin menentukan FPB dari 36, 54, dan 72.

Hasil pohon faktornya dapat diuraikan sebagai berikut:


Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor


Berdasarkan hasil di atas, diketahui bahwa:

Faktor prima dari 36 adalah 22 x 32
Faktor prima dari 54 adalah 2 x 33
Faktor prima dari 72 adalah 23 x 32


Nah, sekarang mari kita tentukan FPB dari ketiga bilangan tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan bilangan faktor terkecil yang sama, lalu ambil bilangan dengan pangkat yang terkecil. Sehingga, FPB dari 36, 54, dan 72 adalah 2 x 32 = 2 x 9 = 18.

Sekarang kita lanjutkan dengan mencari KPK dari ketiga bilangan tersebut. Caranya yaitu dengan mengambil bilangan faktor yang memiliki nilai terbesar kemudikan mengalikannya. Tetapi, apabila ada bilangan faktor yang sama cukup ambil salah satu saja. Pada hasil pohon faktor di atas, bilangan faktor yang terbesar adalah 22 dan 33. Maka KPK dari 36, 54, dan 72 adalah 22 x 33 = 216

Itulah cara mudah yang bisa kalian lakukan untuk Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor . Selamat berlatih dan semoga kalian bisa memahami penjelasan materi di atas dengan baik.




Demikianlah Artikel Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/cara-menentukan-fpb-dan-kpk-dengan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Menentukan FPB dan KPK Dengan Menggunakan Pohon Faktor"