Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD
Judul materi : Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD

lihat juga


Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Perkalian dan Pembagian Pecahan - Bilangan pecahan di dalam matematika memiliki beragam bentuk, mulai dari pecahan biasa, pecahan campuran, sampai pecahan dalam bentuk desimal. Setelah sebelumnya dibahas operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan, maka materi mengenai pecahan dilanjutkan pada postingan ini dengan membahas materi seputar operasi hitung perkalian dan pembagian untuk bilangan pecahan. Rumus matematika dasar telah membuat materi ini dengan bahasa yang mudah untuk dimengerti sehingga saya sangat yakin bahwa kalian mampu memahami materi pelajaran matematika yang dibahas dengan lebih mudah. Mari kita lihat langsung materinya sebagai berikut:

Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Rumus Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan

Gambar di atas merupakan rumus perkalian dan pembagian bilangan pecahan, untuk lebih jelasnya rumus tersebut dapat dijabarkan pada pembahasan di bawah ini:

Perkalian Sesama Bilangan Pecahan Biasa

Untuk mengalikan suatu bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa lainnya, caranya amatlah mudah. Kalian hanya harus mengalikan pembilang dengan pembilang. Lalu mengalikan penyebut dengan penyebut. Amati contoh berikut:

2 x 5= 2 x 5 = 10
7    3    7 x 3     21

12 x10 = 12 x 10 = 120 = 6
 5       4      5      4      20


Perkalian Bilangan Pecahan Biasa dengan Bilangan Bulat

Untuk mengalikan pecahan biasa dengan bilangan bulat, kalian cukup mengalikan pembilang dengan bilangan bulat tersebut, Kemudian dibagi dengan penyebut. Seperti bisa dilihat pada contoh berikut:

9 x 3 = 9 x 3 = 27
4             4        4

12 x 5 = 12 x 5 = 60
18              18      18


Pembagian Bilangan Pecahan Biasa

Untuk pembagian bilangan pecahan biasa dengan bilangan pecahan biasa, caranya cukup sederhana yaitu dengan membalik pembilang dan penyebut dari salah satu bilangan pecahan biasa yang ada. Kemudian kalikan kedua bilangan pecahan tersebut. Untuk lebih mudahnya, kalian simak contoh di bawah ini:

4 :6 = 4 x 8 = 32
3   8    3 x 6     18

7 : 3= 7  x 4 = 28
9   4     9 x  3    27



Dari berbagai contoh yang telah diberikan, dapat disimpulkan bahwa Cara Menghitung Perkalian dan Pembagian Pecahan tidaklah begitu sulit untuk dipahami. Hanya saja dibutuhkan ketelitian dalam mengalikan angka-angka yang digunakan pada bilangan pecahan tersebut. Untuk menambah wawasan kalian mengenai materi bilangan pecahan, simak artikel lainnya mengenai cara mengubah bilangan pecahan biasa menjadi bilangan pecahan campuran


Demikianlah Artikel Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/cara-perkalian-dan-pembagian-pecahan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Perkalian dan Pembagian Pecahan Matematika Kelas 5 SD"