Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah

Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah
Judul materi : Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah

lihat juga


Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah


Rumus Luas Juring Lingkaran - Pengertian mengenai juring lingkaran sebenarnya telah saya jelaskan pada materi Penjelasan unsur-unsur lingkaran. Namun, untuk mengingatkan kembali saya akan memberikan penjelasan sederhana tentang apa yang dimaksud dengan juring pada lingkaran. Juring adalah sebuah daerah di dalam lingkaran yang terbentuk oleh dua buah garis jari-jari dan berbatasan dengan garis lengkunt (busur) yang diapit oleh kedua garis jari-jari tersebut. gambar juring lingkaran dapat dilihat pada gambar berikut:

Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah

Daerah yang berwarna orange pada gambar lingkaran diatas menunjukan daerah yang disebut sebagai juring lingkaran. Bagaimana? apa kalian sudah paham mengenai unsur lingkaran yang dinamakan juring? jika sudah paham, sekarang kita akan lanjut ke materi inti yaitu tentang bagaimana cara menghitung luas juring lingkaran. Rumus Matematika Dasar akan menjelaskan rumus-rumus yang bisa digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan cara menghitung rumus luas juring pada lingkaran sebagai berikut:


Cara Mudah Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran

Karena juring merupakan salah satu daerah yang terbentuk di dalam lingkaran dan memiliki sudut tertentu, maka untuk mengetahui luasnya kita harus membandingkan antara luas sudut pada juring tersebut dengan luas sudut keseluruhan dari lingkaran. Seperti kita ketahui bahwa besar sudut pada lingkaran penuh adalah 3600. Sehingga, rumus luas juring dapat dijabarkan menjadi:


Titik AOB pada gambar di atas adalah contoh juring lingkaran. Untuk mengetahui luas dari daerah juring tersebut, kita bisa menggunakan rumus:

Luas Juring AOB = Besar Sudut AOB x Luas Lingkaran
         3600

Luas Juring AOB = Besar Sudut AOB x πr2
         3600

 Luas Juring Lingkaran = Besar Sudut Juring x πr2
                     3600

Mari kita amati penggunaan rumus di atas untuk mengerjakan soal-soal di bawah ini:


Contoh Soal Luas Juring Lingkaran dan Pembahasan


Contoh Soal 1:
Diketahui sebuah lingkaran memiliki sebuah juring yang besar sudutnya adalah 90, setelah diukur, jari-jari pada lingkaran tersebut berukuran 14cm. Hitunglah luas juring pada lingkaran tersebut!

Penyelesaian:

Luas Juring AOB = Besar Sudut AOB x πr2
     3600

Luas Juring AOB =  900/3600 x 22/7 x 142
                         
Luas Juring AOB =  900/3600 x 22/7 x 196

Luas Juring AOB = 1/4 x 616 = 154 cm2
             


Contoh Soal 2:

Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah









Pada gambar di atas, diketahui bahwa panjang OP adalah 35cm sementara busur PQ panjangnya adalah 22 cm. Tentukanlah luas juring QOP!

Penyelesaian:
Pertama-tama mari kita cari keliling dari lingkaran tersebut:
K = 2πr
K = 2 x (22/7) x 35 cm
K = 220 cm

Kemudian kita cari luas lingkaran dengan rumus berikut:

L = πr2
L = (22/7) x (35 cm) 2
L = 3850 cm2

Dengan perbandingan kita bisa mencari besar sudut QOP:
QOP/1 lingkaran = panjang PQ/keliling lingkaran
QOP/360° = 22cm/220 cm
QOP = (22cm/220 cm) x 360°
 QOP = 0,1 x 360°
QOP = 36°

Kemudian kita bisa mencari luas juringnya:

luas juring  QOP/Luas Lingkaran = POQ/1 lingkaran
luas juring  QOP/3850 cm2 = 36°/360°
luas juring  QOP = 0,1 x 3850 cm2
luas juring  QOP = 385 cm2


Sekian penjelasan Cara Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran. Sebaiknya kalian juga mempelajari Cara Menghitung Rumus Luas Tembereng Lingkaran




Demikianlah Artikel Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/01/cara-mencari-dan-menghitung-rumus-luas.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Mencari dan Menghitung Rumus Luas Juring Lingkaran Cepat dan Mudah"