Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun
Judul materi : Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

lihat juga


Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun - Hari ini adalah tanggal 6 Desember 2016, tentu saja sebentar lagi semester 2 akan datang. Kamu harus mempersiapkan lebih banyak hal untuk menghadapi semester 2 nanti.

Jika kamu yang di semester ini merasa kurang maksimal dalam belajarnya, kamu bisa segera melihat dan mempelajari contoh-contoh soal yang mungkin saja bisa membantu kamu untuk belajar lebih banyak hal tentang matematika.

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun sebenarnya cukup mudah, hanya saja ketika kamu tidak paham bagaimana rumus nya dan bagaimana langkah-langkah nya, maka itulah yang membuat kamu tidak bisa mengerjakan nya.

Baiklah, tanpa panjang lebar lagi silahkan simak ulasan Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun berikut ini:

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun
Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Untuk menghitung berapa panjang sisi dari segitiga yang sebangun, bisa dilakukan dengan cara :

Membandingkan sisi-sisi yang bersesuaian antara segitiga-segitiga yang sebangun.

Contoh soal :
Berapakah panjang x dan y pada gambar di bawah ini !
Jawab :
Sebenarnya gambar di atas itu terdiri dari dua segitiga yaitu :
Maka diketahui :
CD = x
DE = y 
CE = 3
AC = 2 + x
BC = 3 + 3 = 6
AB = 10

Dan sisi-sisi yang sebanding :
CD : AC
DE : AB
CE : BC

Ditanyakan :
x = CD = ..???
y = DE = ...??

Maka :
x = CD
x : (2+x) = 3 : 6
6x = 3(2+x)

6x = 6 + 3x
6x - 3x = 6 + 3x - 3x
3x = 6
3x/3 = 6/3
x = 2

y = DE
DE : AB =  CD : AC
y : 10 = x : (2+x)
y : 10 = 2 : (2+2)
y : 10 = 2 : 4
4(y) = 2(10)
4y = 20
4y/4 = 20/4
y = 5

Jadi x dan y pada gambar di atas adalah 2 dan 5.

Itulah Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun yang mungkin saja bisa membantu kamu untuk belajar lebih banyak hal tentang matematika.

Masih belum puas dengan contoh soal yang di atas?

Bagi kamu yang sangat mencintai matematika jelasnya sangat kurang dengan contoh soal di atas bukan? Jadi silahkan cari referensi lain yang ada di blog saya ini, atau kamu juga bisa mencarinya di blog lain.

Sebagai penutup, saya akan sedikit cerita tentang kenapa saya membuat blog tentang matematika ya.

Jadi alasan saya membuat blog tentang matematika adalah karena saya memang seorang blogger, dan membagikan ilmu yang bermanfaat adalah sebuah keharusan.

Bahkan karena saya sering share artikel tentang matematika, jadinya saja dikira anak matematika, padahal saya adalah anak sistem informasi.

Tapi jangan salah, karena sistem informasi tidak bisa sempurna tanpa adanya matematika di dalam nya, karena itulah saya menulisnya dan mempelajarinya agar kita semua bisa belajar bersama. Terima kasih sudah mampir di blog saya ini. See u.


Demikianlah Artikel Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2016/12/cara-menghitung-sisi-segitiga-yang-sebangun.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Cara Menghitung Sisi Segitiga yang Sebangun"