PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)

PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning), saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)
Judul materi : PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)

lihat juga


PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)

Problem-Based Learning (Pembelajaran Berbasis Masalah) adalah suatu model pembelajaran yang didasarkan pada prinsip menggunakan masalah sebagai titik awal akuisisi dan integrasi pengetahuan baru (Muslimin Ibrahim, 2002). PBL tidak dirancang untuk membantu guru memberikan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa.

Model pembelajaran PBL membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, keterampilan intelektual, dan belajar berbagai peran orang dewasa dengan terlibat dalam pengalaman nyata atau simulasi.
Berikut adalah ciri-ciri model pembelajaran PBL:
1.      Mengorientasikan siswa kepada masalah autentik 
2.      Berfokus pada keterkaitan antar disiplin 
3.      Penyelidikan autentik 
4.      Menghasilkan produk/karya dan memamerkannya

Menurut Akhmad Sudrajat, beberapa karakteristik PBL antara lain:
1.      Pembelajaran berpusat pada siswa.
2.      Pembelajaran terjadi pada kelompok kecil.
3.      Guru berperan sebagai tutor dan pembimbing.
4.      Masalah diformulasikan untuk memfokuskan dan merangsang pembelajaran
5.      Masalah adalah kenderaan untuk pengembangan keterampilan pemecahan masalah.
6.      Informasi baru diperoleh lewat belajar mandiri.

Langkah-langkah PBL:
1.         Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok
2.         Mendiskusikan dan menampilkan masalah nyata
3.         Siswa mengidentifikasi apa yang sudah diketahui, informasi apa yang dibutuhkan, dan strategi yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan
4.         Setiap individu menyelidiki persoalan yang berbeda, mengumpulkan informasi yang lalu dievaluasi oleh kelompok
5.         Langkah di atas diulangi kembali sampai siswa merasa permasalahan sudah cukup diselidiki dan siap untuk diselesaikan
6.         Tindakan, rekomendasi, penyelesaian, atau hipotesis muncul sebagai hasil belajar
7.         Fasilitator (guru) membimbing diskusi kelompok

Sekian Uraian tentang Pembelajaran Problem-Based Learning. Silahkan baca artikel yang lain
Sumber:
Akhmad Sudrajat. 2008. Pendekatan Strategi, Metode, Teknik, dan Model Pembelajaran. http://akhmadsudrajat.wordpress.com/pendekatan-strategi-metode-teknik-dan-model-pembelajaran/. Diakses tanggal 16 Desember 2010
Muslimin Ibrahim. 2002. Pembelajaran Kontekstual. http://akhmadsudrajat.files.wordpress.com/2009/04/pembelajaran-kontekstual.ppt. Diakses tanggal 6 Desember 2010.


Demikianlah Artikel PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning), mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning) dan artikel ini url permalinknya adalah https://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2012/06/pembelajaran-berbasis-masalah-problem.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (Problem Based Learning)"