Materi : PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Judul materi : PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Cooperative learning adalah suatu pembelajaran yang merujuk pada berbagai macam metode pengajaran di mana peserta didik bekerja dalam kelompok-kelompok kecil untuk saling membantu satu sama lain dalam mempelajari materi pembelajaran (Robert E.Slavin, 2005:4). Cooperative learning sering kali digunakan sebagai suatu strategi pembelajaran yang efektif karena mengedepankan kelancaran interaksi antar peserta didik ataupun antara peserta didik dengan pendidik.
a. Pengertian Pembelajaran Kooperatif
Pembelajaran kooperatif mencakup suatu kelompok kecil siswa yang bekerja sebagai sebuah tim untuk menyelesaikan suatu masalah, menyelesaikan suatu tugas atau mengerjakan sesuatu untuk mencapai tujuan bersama lainnya. Bukanlah pembelajaran kooperatif jika siswa duduk bersama dalam kelompok-kelompok kecil dan mempersilakan salah seorang diantaranya untuk menyelesaikan pekerjaaan seluruh kelompok. Pembelajaran kooperatif menekankan pada kehadiran teman sebaya yang berinteraksi antar sesamanya sebagai sebuah tim dalam menyelesaikan atau membahas sebuah masalah atau tugas.
b. Ciri-ciri Pembelajaran Kooperatif
i. Siswa bekerja dalam kelompok secara kooperatif untuk menuntaskan materi belajarnya.
ii. Kelompok dibentuk dari siswa yang memiliki kemampuan tinggi, sedang, dan rendah.
iii. Bilamana mungkin, anggota kelompok barasal dari ras, budaya, suku, jenis kelamin berbeda-beda.
iv. Penghargaan lebih berorientasi kelompok ketimbang individu.
c. Tujuan Pembelajaran Kooperatif
i. Hasil Belajar Akademik
ii. Penerimaan terhadap Perbedaan Individu
iii. Pengembangan Ketrampilan Sosial
d. Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif
Fase | Kegiatan guru |
Fase 1 Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa Fase 2 Menyajikan informasi Fase 3 Mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar Fase 4 Membimbing kelompok bekerja dan belajar Fase 5 Evaluasi Fase 6 Memberikan penghargaan | Guru menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar. Guru menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan demonstrasi atau lewat bahan bacaan. Guru menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien. Guru membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka. Guru mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah dipelajari atau masing-masingkelompok mampresentasikan hasil belajarnya. Guru mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu maupun kelompok. |
Sumber:
E.Slavin, Robert.2005.Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik.London:Allymand Bacon.
Demikianlah Artikel PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING
Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.
0 Response to "PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING"
Posting Komentar