Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal

Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal
Judul materi : Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal

lihat juga


Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal

Setelah kita mengetahui pengertian dan sifat-sifat logaritma. Waktunya kita membahas materi yang selanjutnya, yakni persamaan dan pertidaksamaan logaritma. Ada beberapa macam bentuk persamaan dan pertidaksamaan logaritma matematikan yang akan kita bahas kali ini, simak sobat.

Kali ini saya membahas persamaan logaritma terlebih dahulu ya. Sebelum menginjak materi, mari kita berdo'a terlebih dahulu, sebab ini agak susah sobat. Bismillah.

Persamaan Logaritma

Pengertian
Persamaan yang numerusnya mengandung variabel x dan tidak menutup kemungkinan bilangan pokoknya juga mengandung variabel x.

1. Persamaan logaritma berbentuk alog f(x) = alog p
Untuk menyelesaikan persamaan alog f(x) = alog p, dimana a>0, a ≠1, dan f(x), p>0 kita dapat menggunakan sifat berikut :

alog f(x) = alog p ↔ f(x) = p, asalkan f(x) > 0

2. Persamaan logaritma berbentuk alog f(x) = blog f(x)
Untuk menyelesaikan persamaan alog f(x) = blog f(x) dengan a b, kita dapat memanfaatkan sifat berikut ini :

alog f(x) = blog f(x) ↔ f(x) = 1

Contoh soal :













3. Persamaan logaritma berbentuk alog f(x) = alog g(x)
Untuk menyelesaikan persamaan alog f(x) = alog g(x) dimana a>0, a ≠1, dan f(x), g(x) > 0, kita dapat menggunakan sifat berikut :

alog f(x) = alog g(x) ↔ f(x) = g(x)
asalkan f(x) dan g(x) keduanya positif

4. Persamaan logaritma yang dapat dinyatakan dalam persamaan kuadrat
Persamaan logaritma dalam bentuk umum seperti berikut Aalog2 f(x) + B alog f(x) + C = 0, a>0, a ≠1, dan f(x) > 0 serta A,B,C € R

Hal tersebut memiliki persamaan penyelesaian yang hampir sama dengan penyelesaian eksponen yang bisa kita nyatakan dalam persamaan kuadrat

5. Persamaan logaritma berbentuk h(x)log f(x) = h(x)log g(x)
Untuk menyelesaikan persamaan h(x)log f(x) = h(x)log g(x), dimana h(x)>0, h(x) ≠1 dan f(x) g(x) > 0, kita dapat menggunakan sifat berikut ini :

h(x)log f(x) = h(x)log g(x) ↔ f(x) = g(x)

Mungkin itu saja sobat informasi yang bisa saya jelaskan tentang Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2014/10/materi-persamaan-logaritma-matematika.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Materi Persamaan Logaritma Matematika Contoh Soal"