10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika

10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul 10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : 10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika
Judul materi : 10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika

lihat juga


10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika

Contoh soal cerita perbandingan matematika - Sebelumnya rumus matematika dasar sudah pernah memberikan contoh soal mengenai perbandingan dalam artikel rumus matematika kelas 6sd mengenai bilangan, pecahan, skala dan perbandingan. Namun tidak ada salahnya apabila di dalam postingan kali ini diberikan lagi beberapa contoh soal cerita yang berkaitan dengan materi perbandingan dalam matematika. Dengan hadirnya beragam contoh soal di bawah ini, diharapkan agar kalian bisa berlatih untuk mengerjakannya dalam rangka mempersiapkan diri untuk menghadapi soal-soal serupa yang mungkin saja akan muncul dalam ujian semester ataupun ujian nasional. 

10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika

Selamat berlatih dengan contoh soal latihan matematika mengenai perbandingan berikut ini:


Kumpulan contoh soal cerita latihan tentang perbandingan matematika


Soal 1
Ibu membuat es campur dengan perbandingan bahan air, santan, dan sirup 5 : 4 : 3. Apabila ibu ingin membuat es campur sebanyak 70 liter, maka berapakah jumlah air yang dibutuhkan?

Soal 2
Perbandingan usia dani, abdul, dan luki adalah 5 : 6 : 4. Apabila umur luki adalah 16 tahun, maka berapakah umur mereka bertiga bila dijumlahkan?

Soal 3
Perbandingan berat badan antara pretty dan molly adalah 5 : 3. Apabila berat badan pretty adalah 75 kg, maka berapakah berat badan molly?

Soal 4
Paman budi beternak ayam, bebek, dan angsa. Perbandingan jumlah ketiga hewan ternak tersebut adalah 8 : 7 : 3. Apabila jumlah itik paman budi ada 420 ekor, maka berapakah jumlah ayam dan angsa yang ada di peternakan paman budi?

Soal 5
Diketahui perbandingan jumlah uang yang dimiliki gilang dan amir adalah 4 : 5, sementara perbandingan uang gilang dan asep adalah 2 : 4. Apabila jumlah keseluruhan uang mereka adalah rp. 62.000,- maka berapakah jumlah uang yang dimiliki asep?

Soal 6
Dengan 35 liter bensin, sebuah mobil yang melaju dengan kecepatan 60 km/jam mampu menempuh jarak 140 km. Apabila mobil tersebut diisi dengan bensin sebanyak 27 liter, maka berapakah jarak yang dapat ditempuh mibil tersebut dengan kecepatan yang sama?

Soal 7
Jumlah keseluruhan siswa  sd mutiara adalah 475 orang. Apabila perbandingan jumlah siswa laki-laki dan perempuan adalah 9 : 5 , maka berapakah jumliah siswa perempuan yang ada di sekolah tersebut?

Soal 8
Jumlah buah jeruk dan buah jambu yang ada di sebuah ember adalah 81 buah. Bila perbandingan banyaknya buah mangga dan jambu adalah 8 : 7, maka berapakah banyaknya buah jambu yang ada di dalam ember tersebut?

Soal 9
Tinggi badan bejo dibandingkan dengan tinggi badan parto adalah 5 : 7. Selisih tinggi badan mereka adalah 35 cm. Berapakah tinggi badan mereka bila dijumlahkan?

Soal 10
Perbandingan antara banyaknya buku matematika dan buku bahasa inggris di sebuah perpustakaan adalah 6 : 8. Bila selisih bannyak dari kedua buku tersebut adalah 27 buah, maka berapakah banyaknya buku matematika di perpustakaan itu?


Itulah kumpulan contoh soal cerita perbandingan matematika yang dapat kalian coba kerjakan untuk melatih pemahaman kalian tentang materi perbandingan yang diajarkan oleh guru kalian di sekolah. Selamat belajar dan berlatih.


Demikianlah Artikel 10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran 10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel 10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/02/10-contoh-soal-cerita-perbandingan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "10 Contoh Soal Cerita Perbandingan Matematika"