Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil

Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil
Judul materi : Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil

lihat juga


Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil

Contoh Latihan Soal CeritaAljabar untuk Kelas 7 SMPTak bosan-bosannya Rumus Matematika Dasarmenghadirkan beragam contoh soal untuk membantu kalian dalam mempersiapkan diri menghadapi ulangan ataupun ujian. Pada postingan kali ini contoh soal yang akan diberikan adalah mengenai aljabar. Sebelumnya juga telah diberikan contoh soal serupa dalam artikel 5 Contoh Soal Cerita Aljabar Matematika . Namun, untuk soal kali ini sedikit berbeda karena bentuk soalnya adalah soal cerita. Soal-soal seperti ini seringkali muncul dalam kategori Essay atau isian singkat di dalam ulangan semester ataupun ujian nasional. 

Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil

Tidak ada salahnya bila kalian mencoba kemampuan kalian untuk memecahkan persoalan-persoalan matematika yang ada di bawah ini:

Kumpulan Contoh Latihan Soal Cerita tentang Aljabar untuk SMP Kelas 7


Soal 1
Di dalam tas terdapat 3 buah buku, 2 penggaris, dan 2 pensil. Kemudian Ani memasukkan lagi 2 buah buku dan 1 buah pensil. Tanpa sepengetahuan Ani, adiknya mengambil 1 buah buku, 1 buah pensil, dan 1 buah penggaris. Berapakah jumlah masing-masing alat tulis yang ada di dalam tas Ani?

Soal 2
Pak Badu memelihara 3 ekor Sapi, 5 Ekor itik dan 10 ekor kambing.   Pada suatu hari pak badu membutuhkan uang lalu ia menjual 1 ekor sapi dan 2 ekor ayam di pasar. Beberapa hari kemudian pak Badu membeli lagi 3 ekor itik dan 2 ekor kambing. Berapakah jumlah ternak yang dimiliki pak Badu saat ini?

Soal 3
Di sebuah toko komputer terdapat 10 laptop, 5 komputer dan 3 speaker.  Pada suatu hari ada beberapa barang yang terjual yaitu 3 laptop dan 2 komputer, kemudian toko tersebut mendapat kiriman dari pabrik berupa  2 unti laptop, 2 komputer dan 2 speaker. Berapakah jumlah alat elektronik yang sekarang ada di toko computer tersebut?

Soal 4
Di sebuah toko bunga terdapat 50 tangkai bunga melati, 100 tangkai bunga mawar dan 40 tangkai bunga tulip. Ada seorang pelanggan yang membeli 20 tangkai bunga melati dan 20 tangkai bunga tulip.  Lalu toko bunga tersebut membeli lagi 20 tangkai bunga melati, 20 tangkai bunga mawar dan 40 tangkai bunga tulip. Maka, berapakah jumlah bunga yang ada di toko bunga tersebut?

Soal 5
Pak Hasan membeli  100 sak semen, 1000 buah batu bata dan 120 batang kayu, jumlah material yang sudah digunakan untuk membangun rumah adalah  20 sak semen, 500 batu bata  dan 50 batang kayu, karena material tersebut masih kurang,  akhirnya pak Hasan membelli lagi 40 sak semen, 200 buah batu bata dan 70 batang kayu. Berapakah jumlah bahan bangunan yang ada sekarang?

Soal 6
Di dalam kulkas terdapat 2 tomat, 4 kubis  dan 5 wortel kemudian ibu mengambil 1 tomat, 2 kubis dan 1 wortel. Setelah itu, Ibu membeli lagi 1 tomat, 2 kubis dan 2 wortel. Berapakah  jumlah sayuran yang ada di dalam kulkas sekarang?

Soal 7
Di sebuah tempat parkir ada  3 truk, 5 motor dan 2 mobil, lalu keluarlah 1 truk dan 2 motor. Kemudian ada lagi yang parkir yaitu 2 truk, 1 motor, dan 1 mobil. Lalu, berapakah jumlah masing-masing kendaraan yang ada di tempat parkir tersebut saat ini?

Soal 8
Di sebuah toko furniture ada10 buah kursi, 8 meja dan 6 lemari. Pada suatu hari terjual 2 kursi, 2 meja dan 3 lemari.  Kemudian dating lagi kiriman berupa 3 buah kursi, 2 meja dan 4 lemari. Sekarang ada berapa furniture yang dijual di toko furniture tersebut?


Bagaimana? Mudah atau sulitkah Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP yang diberikan di atas? Semoga kalian semakin mahir dalam menjawab soal-soal dengan bentuk serupa. Sampai berjumpa lagi di dalamcontoh-contoh soal dengan materi yang lainnya.


Demikianlah Artikel Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/02/contoh-latihan-soal-cerita-aljabar.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Contoh Latihan Soal Cerita Aljabar untuk Kelas 7 SMP Semester Ganjil"