Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan

Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan
Judul materi : Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan

lihat juga


Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan

Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan - Ketika kalian masih sekolah dasar pastinya sudah pernah mempelajari yang namanya pangkat kuadrat dari sebuah bilangan. Materi tersebut berlanjut dan diajarkan kembali pada pelajaran matematika untuk SMP/MTs. untuk mengingatkan kembali pikiran kalian terhadap materi tersebut, Rumus Matematika Dasar telah merangkum sebuah pembahasan yang berkaitan dengan pengertian pangkat kuadrat dan perpangkatan bilangan.

Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan

Kuadrat atau lebih sering disebut sebagai pangkat dua adalah sebuah konsep mengalikan sebuah bilangan dengan bilangan itu sendiri. Pada bangku SMP/MTs kalian tidak hanya akan belajar mengenai pangkat dua atau kuadrat melainkan kalian juga akan diajarkan mengenai materi perpangkatan. perpangkatan bisa kita artikan sebagai sebuah konsep perkalian yang berulang dengan menggunakan bilangan yang sama. jika kalian ingin memahami pelajaran matematika mengenai perpangkatan, sebaiknya kalian simak dengan baik penjelasan di bawah ini:

Pembahasan Materi Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan


Coba amati perpangkatan berikut:

41 = 4
42 = 4 x 4 = 16
43 = 4 x 4 x 4 = 64

Dari perhitungan di atas dapat disimpulkan bahwa:

Untuk sebuah bilangan bulat "m" dengan "n" berupa bilangan bulat positif berlaku rumus:

mn = m x m x ... x m

Di mana perkalian m berulang sebanyak n. Oleh karenanya m bisa disebut sebagai bilangan pokok sementara n disebut sebagai pangkat atau eksponen.

Penjelasan lebih lanjut mengenai perpangkatan, kalian akan mendapatkannya ketika nanti kalian memasuki kelas 9. Pada kelas 9 kalian akan diajarkan materi pelajaran matematika mengenai Pengertian, Operasi, Rumus dan Sifat-sifat Bilangan Berpangkat.

Nah, sekarang untuk membuat kalian lebih mengerti tentang materi dan rumus yang sudah dijelaskan di atas, coba simak dan perhatikan contoh-contoh soal beserta pembahasannya di bawah ini:

Contoh soal 1

Tentukan hasil dari perpangkatan beberapa bilangan berikut ini:

a. 62
b. (-4)3
c. (-5)
d. 85

Jawab:

a. 6= 6 x 6 = 36
b. (-4)= (-4) x (-4) x (-4) = -64
c. (-5)= (-5) x (-5) x (-5) x (-5) = 625
d. 8= 8 x 8 x 8 x 8 x 8 = 32768

Contoh Soal 2

Coba kalian tentukan hasil dari perpangkatan bilangan berikut:

a. 102
b. 123
c. (-9)3
d. (-25)2

Jawab:

a. 102 = 10 x 10 = 100
b. 123= 12 x 12 x 12 = 1728
c. (-9)3= (-9) x (-9) x (-9) = -729

d. (-25)2= (-25) x (-25) = 625


Itulah kiranya rangkuman materi yang dapati diberikan oleh Rumus Matematika Dasar tentang Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan. Semoga bisa membantu kalian untuk lebih paham dengan materi tersebut.


Demikianlah Artikel Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/02/pengertian-pangkat-kuadrat-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Pangkat Kuadrat dan Perpangkatan Bilangan"