Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi

Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi
Judul materi : Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi

lihat juga


Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi

Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi - Kesempatan kali ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang apa itu relasi dan bagaiman cara menayatan relasi tersebut. Sebagai langkah awal, kita akan membahas pengertian relasi, apa to itu relasi.

Relasi adalah hubungan antara anggota suatu himpunan dengan anggota himpunan yang lain. Relasi dari himpunan C ke himpunan D adalah menghubungkan anggota-anggota himpunan C dengan anggota-anggota himpunan D.

Contoh:

Himpunan Y = { 1,2,3 } dan himpunan Z = { A,B,C }
Anggota-anggota himpunan Y dan Z dapat dihubungkan dengan relasi yaitu "faktor dari".

CARA MENYATAKAN RELASI

Nah, contoh relasi diatas dapat kita nyatakan dengan tiga pilihan. Pertama adalah diagram panah, diagram cartesius dan himpunan pasangan beruntun. Penasaran? langsung saja lihat dibawah ini sobat.

1. Diagram Panah

Contoh relasi pada point (i) dapat kita nyatakan kedalam diagram panah sebagai berikut:
2. Diagram Cartesius

Contoh relasi pada point (i) dapat kita nyatakan kedalam diagram cartesius sebagai berikut:
3. Himpunan Pasangan Beruntun

Contoh di atas dapat dinyatakan dalam himpunan pasangan berurutan dengan memasangkan secara berurutan anggota-anggota himpunan A dan anggotaanggota himpunan B yaitu:

{(1,A), (1,B), (2,B), (3,B), (3,C)}

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan tentang Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi semoga bermanfaat.


Demikianlah Artikel Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/03/materi-relasi-pengertian-cara.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Materi Relasi: Pengertian & Cara Menyatakan Relasi"