Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Rumus Luas Tembereng Lingkaran - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Rumus Luas Tembereng Lingkaran, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Rumus Luas Tembereng Lingkaran
Judul materi : Rumus Luas Tembereng Lingkaran

lihat juga


Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Luas Tembereng Lingkaran, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !
Tembereng Lingkarn

Rumus Luas Tembereng Lingkaran


Rumus :
Luas Tembereng AB = Luas Juring OAB - Luas Δ AOB

Keterangan :
Luas juring lingkaran OAB = (α/360°) x πr2
Luas Δ AOB = 1/2 x a x t
α = Besar sudut juring lingkaran
π = 22/7 atau 3,14
r =  Jari-jari lingkaran
a = Alas segitiga
t = tinggi segitiga

Contoh soal :

Tentukan Luas tembereng AB gambar di bawah ini !

Jawab :
Diketahui :
α = 60°
π = 22/7
r =  14cm
Karena besar sudut juring adalah 60° maka pastilah Δ AOB adalah segitiga sama sisi, maka :
AB = 14cm
BO = 14cm
AO = 14cm
a = 14cm
t2 = 142 - (1/2)142
t2 = 142 - 72
t = √142 - 72
t = √196 - 49
t = √147

Luas Juring OAB = (α/360°) x πr2
Luas Juring OAB = (60°/360°) x (22/7)  x (14cm)2
Luas Juring OAB = (1/6) x 22/7  x 14cm x14cm
Luas Juring OAB = (1/6) x 22 x 2cm x14cm
Luas Juring OAB = (1/6) x 616cm2
Luas Juring OAB = 102,67cm2

Luas Δ AOB = 1/2 x 14cm x 12,12
Luas Δ AOB = 1/2 x 14cm x 12,12
Luas Δ AOB = 84,84cm2

Maka :
Luas Tembereng AB = Luas Juring OAB - Luas Δ AOB
Luas Tembereng AB = 102,67cm2 - 84,84cm2
Luas Tembereng AB = 17,83cm2

Jadi luas tembereng di atas adalah 17,83cm2

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.


Demikianlah Artikel Rumus Luas Tembereng Lingkaran

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Rumus Luas Tembereng Lingkaran, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Rumus Luas Tembereng Lingkaran dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2016/10/rumus-luas-tembereng-lingkaran.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Rumus Luas Tembereng Lingkaran"