Menghitung Luas Segitiga #1

Menghitung Luas Segitiga #1 - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Menghitung Luas Segitiga #1, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Menghitung Luas Segitiga #1
Judul materi : Menghitung Luas Segitiga #1

lihat juga


Menghitung Luas Segitiga #1

Kali ini kita akan menghitung luas segitiga atau luas daerah segitiga. Ada banyak cara untuk menghitung luas segitiga mulai dari menggunakan alas dan tingginya sampai keliling dan fungsi trigonometri. Berikut ini adalah salah satu cara menghitung luas segitiga jika diketahui panjang alas dan tingginya:

Menghitung Luas Segitiga Cara #1
Diketahui suatu segitiga seperti gambar di bawah.
Bagaimanakah cara menghitung luas segitiga tersebut? Mari kita pelajari!
Andaikan kita memiliki dua segitiga yang sama yaitu ABC dan DEF dengan panjang alas a dan tinggi t. Apabila sisi BC dan sisi EF dihimpitkan maka dua segitiga tersebut akan membentuk jajar genjang dengan alas a dan tinggi t. Padahal luas jajar genjang tersebut sama dengan hasil kali panjang alas dan tinggi jajar genjang tersebut.

Oleh karena itu, kita peroleh bahwa:
Jadi, Luas segitiga dengan panjang alas a dan tinggi t adalah (1/2) x a x t.

Ada tiga jenis segitiga berdasarkan sudutnya yaitu Segitiga lancip, Segitiga siku-siku, dan Segitiga tumpul. Bagaimana menentukan dengan benar alas dan tinggi segitiga-segitiga tersebut? Perhatikan!
  1. Segitiga Lancip:Segitiga dimana sudut-sudut dalam segitiga tersebut besarnya kurang dari 90°. Alas segitiga lasncip dapat ditentukan dengan memilih salah satu sisi segitiga (biasanya sisi yang diketahui panjangnya). Tinggi segitiga dapat diperoleh dengan cara menarik garis dari titik puncak, yang berada di atas alas segitiga tersebut, kearah alas segitiga sehingga memotong tegak lurus alas tersebut.
  2. Segitiga Siku-Siku: Segitiga dimana salah satu sudutnya besarnya adalah 90°. Alas segitiga lancip dapat ditentukan dengan cara memilih salah satu sisinya (biasanya salah satu dari sisi siku-sikunya). Tinggi segitiga tersebut dapat diperoleh dengan cara yang sama seperti pada segitiga lancip.
  3. Segitiga Tumpul: Segitiga tumpul adalah segitiga dimana salah satu sudut segitga tersebut besarnya lebih dari 90°. Alas dapat ditentukan dengan cara memilih salah satu sisi segitiga tersebut. Tinggi segitiga tumpul dapat diperoleh dengan cara menarik garis dari puncak diatas alas menuju alas segitiga tersebut sedemikian sehingga memotong perpanjangan tegak lurus alas segitiga tersebut.

Contoh Soal:
Carilah luas segitiga berikut ini!


Demikian artikel tentang luas segitiga. Jika ada pertanyaan silahkan tulis pada kolom komentar.



Demikianlah Artikel Menghitung Luas Segitiga #1

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Menghitung Luas Segitiga #1, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Menghitung Luas Segitiga #1 dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/09/menghitung-luas-segitiga-1.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Menghitung Luas Segitiga #1"