Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya

Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya
Judul materi : Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya

lihat juga


Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya

Tahukah kalian apa itu logaritma? Apabila diketahui jika a m = b maka logaritma didefinisikan sebagai berikut: a log b = m . Logaritma digunakan untuk mengoperasikan pangkat suatu bilangan.
Seperti hanya eksponen, a pada logaritma disebut pula bilangan pokok. Sementara b disebut numerus dan madalah hasil logaritman yang merupakan pangkat pada bentuk eksponen. Contoh logaritma yaitu sebagai berikut:

Sebagai tambahan pengetahuan gambar di atas merupakan salah satu grafik fungsi logaritma (y = log x). Logaritma memiliki beberapa sifat yang berlaku seperti halnya eksponen. Berikut ini akan kita bahas sifat-sifat dari logaritma dan buktinya.

1.
Contoh: 2 log 32 = 2 log (4.8) = 2 log 4 + 2 log 8
Bukti:
Misalkan a log b = x dan a log c = y artinya a x = b dan a y = c.
Sehingga (b.c) = a x . a y = ax + y  (Sifat perkalian eksponen)
Jadi diperoleh bahwa: (b.c) = a x + y  dengan demikian maka a log (b.c) = x + y
Oleh karena itu,
a log b + a log c = x + y = a log (b.c)  
Terbukti.

2.










3.    a log (b) m = m. alog b
Contoh: 3 log 16 = 3 log 24 = 4. 3 log 2
Bukti:
Terbukti.

4.

5.

6.

7.    a log b . b log c = a log c
Contoh: 2 log 3 . 3 log 5 = 2 log 5
Bukti:
Misalkan a log b = x  yang artinya a x = b  dan b log c = y yang artinya b y= c
Sehingga,


8.















Pembuktian diatas hanyalah salah satu metode dari sekian banyak metode untuk membuktikan sifat-sifat logaritma. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan ada metode yang lebih efisien dalam membuktikan sifat-sifat tersebut. Sekian Artikel tentang sifat-sifat logaritman dan pembuktiannya. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar.



Demikianlah Artikel Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/09/sifat-sifat-logaritma-contoh-dan.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Sifat-Sifat Logaritma, Contoh, dan Pembuktiannya"