Menghitung Luas Trapesium

Menghitung Luas Trapesium - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Menghitung Luas Trapesium, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Menghitung Luas Trapesium
Judul materi : Menghitung Luas Trapesium

lihat juga


Menghitung Luas Trapesium

Pernahkah kalian melihat bangun datar seperti bangun di bawah ini?


Bangun-bangun di atas adalah bangun datar yang disebut trapesium. Ciri-ciri trapesium yaitu memiliki sepasang sisi yang sejajar. Pada artikel yang lain telah dipelajari cara menghitung keliling bangun datar termasuk trapesium. Nah kali ini kita akan menghitung luas trapesium. Tahukah kalian bagaimana cara menghitung luas trapesium? Mari kita pelajari!

Kita ambil satu contoh trapesium dari tiga jenis trapesium di atas. Lihat trapesium berikut:
Untuk membantu memahami cara mencari luas trapesium, perhatikan langkah berikut:


Kenapa panjang alas segitiganya menjadi a – b? karena bagian yang dipotong pada alas trapeium adalah sepanjang b. Oleh karena itu, panjang alas segitiga yang terbentuk adalah a – b. Dengan demikian, luas trapesium akan sama dengan jumlah luas segitiga dan luas persegi panjang.
Sehingga luas trapesium menjadi:
Dengan sifat distributif, maka luas trapesium menjadi:
Dimana a adalah panjang sisi sejajar kesatu dan b adalah panjang sisi sejajar kedua dan t adalah tinggi trapesium.

Contoh soal 1:
Tentukan luas trapesium di bawah ini:
Apabila kalian bingung dalam menggunakan cara tersebut, maka bisa kalian gunakan cara seperti di awal yaitu dengan memotong trapesium tersebut seperti di atas menjadi dua bangun. Kemudian, hitung luas masing-masing bangun dan jumlahkan maka luas trapesium sama dengan jumlah dua bangun tersebut. Namun, untuk trapesium pada contoh soal ini cara memotongnya bisa dilakukan dengan cara yang lebih cepat yaitu:

Dapat dilihat bahwa trapesium tersebut menjadi persegi panjang dengan panjang sisi (9 + 4) : 2 = 6,5 cm dan lebarnya yaitu 5 cm. Oleh karena itu, luas trapesium di atas sama dengan luas persegi panjang yaitu:
Jadi luas trapesium tersebut adalah 32,5 cm2.


Sekian artikel tentang luas trapesium. Baca juga artikel tentang luas bangun datar yang lain.



Demikianlah Artikel Menghitung Luas Trapesium

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Menghitung Luas Trapesium, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Menghitung Luas Trapesium dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2015/09/menghitung-luas-trapesium.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Menghitung Luas Trapesium"