Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran

Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran
Judul materi : Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran

lihat juga


Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran

Dalam menentukan penyelesaian persamaan kuadrat sama halnya dengan menentukan akar-akar persamaannya. Hasil-hasil dari penyelesaian tersebut bisa kita bilang sebagai himpunan penyelesaian atau HP. Secara umum bentuk dari persamaan kuadrat adalah  ax2 + bx + c 0, dimana a 0 dan a,b,c  R.

Namun bila kita bicara tentang geometris, dalam menentukan penyelesiaan pesamaan kuadrat berarti menentukan titik-titik potong kurva dengan sumbu X. Cara menentukan himpunan penyelesaian persamaan kuadrat dapat menggunakan tiga cara, yaitu :

  1. Memfaktorkan
  2. Melengkapkan kuadrat sempurna
  3. Rumus kuadrat (rumus abc) 

Kita ibaratkan jikalau suatu persamaan kuadrat dapat kita ubah menjadi bentuk AB = 0, maka penyelesaiannya adalah A=0 atau B=0. Dari situ kita bisa tahu bahwa untuk menentukan penyelesaian persamaan kuadrat ax2 + bx + c 0 dengan pemfaktoran yaitu dengan menentukan faktor dari perkailan ac yang jumlahnya adalah b, semisal faktornya adalah r dan s. Sehingga perkalian luar dan perkalian dalam dari koefisien besarnya r dan s. Perhatikan pola berikut !

Contoh soal 1:
Tentukan Himpunan Penyelesaian dari x2– 2x – 8 = 0 !
 Jawab :
 x2 - 2x - 8     = 0
(x - 4) (x + 2) = 0
x = 4 dan x = -2 Jadi HP { 4,-2 }
Contoh soal 2:
Tentukan Himpunan Penyelesaian dari 6x2 – x – 5 = 0 !

Jawab :
 6x2 - x - 8      = 0
(6x + 5) (x - 1) = 0
x = -5/6 dan x = 1 Jadi HP { -5/6,1 }
Jika ingin mengetahui penyelesaian kuadrat dengan melengkapkan kuadrat sempurna bisa kunjungi link  DISINI.

Mungkin itu saja informasi yang bisa saya berikan tentang Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran semoga bermanfaat..


Demikianlah Artikel Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2014/11/materi-penyelesaian-persamaan-kuadrat_3.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Materi: Penyelesaian Persamaan Kuadrat dengan Pemfaktoran"