Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y

Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y
Judul materi : Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y

lihat juga


Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y

Hallo temen-temen???
Pertama-tama gue ucapin trimakasih buat para pengunjung blog gue :). Slamat datang di blog paling bermanfaat sedunia.
Dan gue doaian semoga orang-orang yang ngunjungin blog gue pada masuk surga semua, trs selama hidupnya selalu di beri kemudahan, trs all the best deh buat kalian :D
Udah kaya ulang tahun aja ya ???.... Sorry ya klo penulis suka bercanda :)
Kembali lagi bersama gue muhamad pajar sidik, gue adalah seorang penulis blogger yang ganteng dan baik hati :D cieeee.....
Di hari yang indah ini alhamdulillah gue bisa nulis artikel kembali, yang mudah-mudahan artikel ini bisa bermanfaat buat kalian semua.
Kali ini gue bakalan nulis artikel tentang Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y, Tanpa panjang lebar lagi yo check it out !

Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y

1. Rumus volume benda putar dari daerah yang diputar sejauh 360° mengelilingi sumbu X



V = π ab (f(x))2 dx atau V = π ab y2 dx

2. Rumus volume benda putar dari daerah yang diputar sejauh 360° mengelilingi sumbu Y



V = π ab (g(y))2 dy atau V = π ab x2 dy

3. Rumus volume benda putar dari daerah antara dua kurva yang diputar 360° terhadap sumbu Y



V = πab {f2(x) - g2(x)} dx atau V = πab (y21 - y22) dx

4. Rumus volume benda putar dari daerah antara dua kurva yang diputar 360° terhadap sumbu X



V = πab {f2(y) - g2(y)} dy atau V = πab (x21 - x22) dy

Contoh soal :


Hitunglah volume benda putar yang terjadi, jika daerah yang dibatasi kurva y = x + 1, x = 0, x = 2, dan sumbu x diputar mengelilingi sumbu x sejauh 360° !!!
Jawab :
v = π 02 f2(x) dx
v = π 02 (x + 1)2 dx
v = π 02 (x2 + 2x + 1) dx
v = π [ (1/3)x3 + x2 + x ]20
v = π [ ((1/3)23 + 22 + 2 ) - ((1/3)03 + 02 + 0) ]
v = π [ ((1/3)8 + 4 + 2 ) - ((1/3)0 + 0 + 0) ]
v = π [ (8/3) + 6 ) ] 
v = π [ (8/3) + 18/3 ) ] 
v = π [ (8+18)/3 ) ]   
v = π (26/3)
v = 26π/3 satuan volume

Akhir kata wassalamualaikum wr. wb.


Demikianlah Artikel Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2016/11/rumus-volume-benda-putar-mengelilingi.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Rumus Volume Benda Putar Mengelilingi Sumbu X dan Y"