Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva - Hallo sahabat Rumus Matematika, Pada sharing pelajaran kali ini yang berjudul Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva, saya telah menyediakan contoh soal hingga pembahasan lengkap dari awal pembahasan sampai akhir materi. mudah-mudahan isi postingan tentang pelajaran yang saya tulis ini dapat anda pahami. okelah, ini dia pembahasan nya.

Materi : Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva
Judul materi : Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

lihat juga


Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva - Selamat malam teman-teman, jujur saja saya sebenarnya tidak begitu ingin menulis atau posting sesuatu di blog in malam ini, tetapi saya berpikir ulang karena saya ingin meramaikan blog ini dan membagikan sedikit ilmu tentang Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva untuk kalian semua.

Saya baru saja menghadiri acara Debat ilmiah di UNIKAMA sebagai program terakhir dari UKM Penalaran Se - Malang raya. Unikama sebagai tuan rumah dan penutup pada acara kali ini, baiklah sebenarnya saya masih lelah sudah melakukan debat tentang rokok tadi, tetapi ini hanya sebuah cerita saja dan sebagai promosi bagi kalian yang nantinya sudah menginjak kuliah tidak ada salahnya untuk ikut UKM Penalaran di kampus masing-masing dan nantinya tergabung dalam suatu wilayah, misalnya saja Malang, Surabaya, Jatim dan lain sebagainya.

Baiklah, kita mulai saja penjelasan tentang Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva berikut ini:

Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva
Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Misalkan daerah S adalah daerah yang di batasi oleh kurva y1 = f(x), y2 = g(x), garis x = a, dan garis x = b seperti pada gambar di atas, maka luas daerah S = LTURS - LTUPQ.
maka :
S = LTURS - LTUPQ
S = ab f(x) dx - ab g(x) dx
S = ab {f(x) - g{x} dx}
jadi, luas daerah yang dibatasi oleh kurva y1 = f(x), y2 = g(x), dari x = a sampai x = b ditentukan dengan rumus :

L = ab [f(x) - g(x) dx]
dengan f(x) > g(x) dalam interval a < x < b.

Mungkin dari teman-teman masih belum paham jika hanya rumus saja ya? Baiklah teman-teman bisa segera mencoba contoh soal di bawah ini:

Contoh soal :


Tentukan luas daerah antara kurva y = x2 + 3x dan y = 2x + 2 !!!

Jawab :
Titik potong kedua kurva yaitu :
x2 + 3x = 2x + 2
x2 + 3x - 2x = 2x + 2 - 2x
x2 + x =  2
x2 + x - 2 =  2 - 2
x2 + x - 2 =  0
(x + 2)(x - 1) = 0
x = -2 atau x = 1
L = ab [f(x) - g{x} dx]
L = -21 [ (x2 + 3x) - (2x + 2) dx ]
L = -21 [ (x2 + 3x - 2x - 2) dx ]
L = -21 [ (x2 + x - 2) dx ]
L = 4(1/2) satuan luas

Itu dia Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva serta contoh soalnya, semoga informasi di atas bisa membantu kamu yang sedang mencari Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva. Ada yang tahu kenapa matematika terkadang sulit dan terkadang mudah?

Sebenarnya matematika itu tidak sulit jika kamu mau mempelajari rumusnya, dan jangan lupa untuk mencoba semua contoh soal yang ada agar kamu bisa mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan menyeluruh. Terima kasih banyak sudah berkunjung di blog kami, jangan lupa lihat artikel lain nya juga ya.



Demikianlah Artikel Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva

Itulah contoh soal ataupun materi pelajaran Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sekian postingan pelajaran kali ini.

Anda sedang membaca artikel Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva dan artikel ini url permalinknya adalah http://rumuskelilinglingkaran.blogspot.com/2016/11/rumus-luas-daerah-antara-dua-kurva.html Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

0 Response to "Rumus Luas Daerah Antara Dua Kurva"